siswa berkarya cetak monotype

Pembelajaran Seni Grafis Cetak Monotype

FacebookTwitterGoogle+Share
siswa berkarya cetak monotype

Siswa berkarya cetak monotype

Beberapa waktu yang lalu kami mengajak siswa untuk mempraktikkan salah satu teknik seni grafis, sebagai salah satu materi seni rupa murni. Teknik tersebut adalah monotype. Mengapa kami memilih teknik ini? Tidak lain karena teknik ini merupakan satu dari sekian banyak teknik dalam seni grafis yang sangat sederhana dan fleksibel dalam segi alat, bahan dan metodenya.

Dalam proses pembelajaran tampak siswa sangat fun dan menyenanginya, beragam ide goresan dan sapuan kuas mereka lakukan dengan ringan dan santai, mereka menikmati prosesnya. Berikut ini kami paparkan sekelumit tentang monotype…

Apakah monotype itu?

Monotype merupakan salah satu teknik dalam seni grafis, teknik ini sangat fleksibel karena memungkinkan pendekatan dalam mengkreasikan objek/gambar yang sangat bebas, oleh karena itu dianggap sebagai metode yang sangat fleksibel. Dalam berkarya seniman dapat memilih apakah akan menghasilkan objek gambar yang positif atau negatif, menggunakan tinta berbasis air atau minyak, ingin mengkombinasikan dengan bahan lainnya atau tidak. monotype karya siswaMenghasilkan gambar secara positif berarti seniman akan menggambarkan objek dengan kuas atau rol. Sedangkan secara negatif berarti tinta dihapus dengan tangan, kain, kapas atau apapun alat yang dapat digunakan. Proses menggambar/melukis secara langsung pada plat cetak membutuhkan keterampilan, keyakinan dan tingkat spontanitas yang baik.

Bahan dan alatnya

Bahan dan alat untuk berkarya grafis teknik monotype adalah plat cetak dan tinta. Plat cetak dapat digunakan jenis apa pun, dengan catatan tidak berpori. Lembaran logam seperti tembaga atau seng sangat baik digunakan, atau dapat pula digunakan bahan-bahan seperti plat alumunium, kardus yang dibalut pelapis, kaca (hanya jika digunakan untuk handprinting), stirofoam, dll.

Teknik dan metodenya

monotype karya siswa4Setelah plat cetak siap, lukislah secara langsung di atasnya menggunakan tinta cetak menggunakan kuas apa saja sesuai keinginan. Setelah selesai, tempatkan plat yang sudah digambari tadi di atas bantalan alat press, tempatkan dengan hati-hati ketas yang sudah dibasahi di atas plat cetak kemudian jalankan proses pengepresan.

Efek apapun yang ingin dihasilkan tergantung alat yang digunakan. Alat yang dapat dapat digunakan antara lain adalah berbagai alat untuk melukis, sikat, bahkan jari tangan, sikat gigi, stik, spon, bulu, dan alat apapun yang dapat menghasilkan torehan seperti jarum, gunting ataupun peralatan etsa.

Efek khusus lainnya dapat di capai dengan menyeka denga terpentin atau bahan lain ke atas plat cetak yang bertinta, sehingga menghasilkan efek/bekas yang indah.

Metode lainnya untuk membentuk objek gambar melalui cara negatif dari gelap ke terang adalah dengan cara menyeka tinta pada plat cetak. Prosesnya diawali dengan melapisi tinta di plat cetak menggunakan rol, kemudian dilanjutkan dengan menghapus area tinta tersebut dengan kain, kapas atau bahan cair untuk menciptakan kesan cahaya dan tone.

monotype karya siswa3Efek tekstur dapat dihasilkan dengan menggunakan kuas sebagai penghapus, atau alat lainnya juga seperti spon atau stik.

Metode lain yang sangat sederhana tapi efektif dalam menghasilkan cetak monotype di temukan oleh seniman Gauguin. Metode ini disebut “direct trace drawing”, yang menghasilkan garis-garis monotype yang unik dan lembut mirip dengan tone warna dan garis pada soft ground etching. Untuk menghasilkan monotype dengan metode ini, pertama-tama melapisi plat cetak dengan tinta, kemudian letakkan selembar kertas di atasnya dan mulailah menarik garis gambarnya langsung di bagian belakan kertas tersebut, garis-garis yang dihasilkan akan tertransfer ke balik kertas dan menghasilkan gambar yang terbalik. Garis yang digoreskan secara beruntun seperti mengarsir akan menghasilkan area yang gelap, sementara tekanan atau gosokan tangan akan menghasilkan nada warna yang lembut. Dengan variasi tekanan garis dan menggunakan panjang-pendek garis serta keras-lembutnya yang berbeda-beda akan dihasilkan efek yang beragam.

monotype karya siswa1Demikian posting tentang monotype dan sedikit pembelajaran seni grafis monotype di kelas kami, beserta gambar-gambar hasil karya siswa, semoga dapat memberi manfaat dan sebagai bahan pembanding di tempat yang lain.

Comments
  1. Mantap sekali pemaparan teknik karya menggunakan catnya. Thanks ya

ADD YOUR COMMENT