finger painting

Finger Painting, apaan tuh…

FacebookTwitterGoogle+Share

finger painting

Finger painting…, pertama kali denger dari teman yang nanya ke aku: “yon, apaan bahan untuk cat finger painting?”, “apaa…?” jawabku… wah baru denger nih, “wadoh ketinggalan dikau yon” ledek temenku tadi… hehe…

Tapi, kalo dari asal katanya: Finger + Painting = “melukis dengan jari atawa tangan…”, berarti seperti yang sang maestro seni lukis Affandi (Alm) lakukan dong…, daripada bingung googling aja, dan ketemu!

Jadi, kira-kira finger painting itu pada dasarnya adalah sebuah metode melukis yang khususnya diperuntukkan bagi anak-anak, dimana kebebasan mengekspresikan apa yang ada dalam pikiran dan perasaanya menjadi poin utama. Peran tangan beserta jari-jarinya, bahkan bila perlu anggota tubuh lainnya, misalnya kaki sangat mendukung  keterlibatan emosi pada saat si anak berhadapan dengan kertas/media lukisnya tersebut. Sehingga pada saat proses melukis berlangsung hilanglah jarak antara si anak dengan media gambarnya, yang biasanya di batasi oleh alat-alat lukis/gambar seperti kuas, pensil, pastel, spidol, dll.

Tapi, karena metode ini untuk anak-anak, terlebih kontak/keterlibatan anggota badan sangat diharuskan, maka bahan/catnya haruslah aman bagi si anak. Informasi yang saya dapat melaui internet bahan-bahan catnya ternyata  terbuat dari  bahan-bahan pembuatan kue seperti tepung gandum, pewarna kue dan air. Bahan-bahan tersebut dicampur dalam satu wadah hingga kekentalan yang diinginkan.

Iseng-iseng, tadi aku coba mempraktekkan pembuatan ‘cat’ finger painting dan cat tersebut langsung dipakai oleh Galih anakku untuk ‘mengekspesikan’ apa yang terlintas dibenaknya…, dan, inilah hasilnya… :D

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Galih mulai beraksi dengan “cat”-nya yang terbuat dari tepung terigu dicampur dengan bahan pewarna makanan…

 

 

 

 

 

 

 

 

Goresan pertama Galih… masih canggung dan malu-malu dengan bahan pewarna yang tidak lazim ini….

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Inilah sebagian hasil percobaan Galih dengan finger paintingnya… sebagian besar belum menunjukkan bentuk yang dapat dikenali.

ADD YOUR COMMENT