latihan menggambar dengan media campuran cat air dan pastel 3

Latihan Menggambar dan Melukis Menggunakan Media Campuran Cat Air dengan Pastel

FacebookTwitterGoogle+Share

latihan menggambar denganmedia campuran cat air dan pastelBeberapa minggu belakangan ini saya dan anak-anak SD Negeri 8 Sekayu yang ikut kegiatan ekstra kurikuler (ekskul) seni lukis dan mewarnai mengadakan latihan menggambar/melukis menggunakan media campuran cat air dengan pastel. Latihan ini merupakan salah satu latihan yang merupakan rangkaian latihan rutin yang kami lakukan setiap hari Kamis siang sepulang sekolah. Disamping itu latihan menggunakan media campuran ini dimaksudkan untuk menambah daya kreasi siswa dan wawasan pengetahuan teknik penggunaan berbagai alat dan bahan lukis bagi siswa peserta ekskul.

Latihan diawali dengan pengenalan bahan dan alat yang akan dipakai, antara lain kertas, cat air, pastel/crayon, kuas cat air dan air secukupnya. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan bahwa bahan cat air dapat digabungkan secara unik/menarik dengan pastel/crayon. Keunikan ini dikarenakan sifat bahan itu sendiri, dimana cat air yang memiliki basis dasar air tidak dapat bercampur dengan pastel/crayon yang basisnya adalah minyak. Nah, sifat bahan yang tidak dapat bercampur inilah yang dimanfaatkan dalam mengkreasi garis, bidang, bentuk, tekstur, warna dan gelap terang dalam menggambar dan melukis.

latihan menggambar dengan media campuran cat air dan pastel 2Siswa peserta ekskul memulai latihan dengan melihat saya melakukan demo kecil penggunaan media campuran cat air dengan pastel. Dalam demo tersebut saya memperagakan membuat beberapa goresan garis dan bentuk-bentuk sederhana menggunakan pastel berwarna terang/cerah. Selanjutnya goresan pastel tadi saya timpa atau pulas menggunakan cat air dengan warna-warna gelap.

Saatnya siswa berkreasi… siswa dibimbing membuat garis-garis dan bentuk-bentuk dimulai dengan bentuk yang sederhana dahulu.  Selanjutnya garis dan bentuk tersebut di timpa atau dipulas dengan cat air yang encer menggunakan kuas. Hasil pulasan kuas dengan cat air tadi hanya akan menempel pada kertas yang kosong, sedangkan garis-garis dan bentuk yang dibuat dengan pastel atau crayon akan tetap utuh alias tidak tertutup dengan cat air.

latihan menggambar dengan media campuran cat air dan pastel 3Dalam proses latihan, sebagian besar siswa masih takut dan ragu untuk memulai membuat garis dan bentuk yang spontan. Hal ini wajar karena ini baru pertama kali, dan dalam pikiran mereka tentu bertanya-tanya, akan jadi apa atau bagaimana jadinya nanti hasil gambar mereka tersebut. Namun, seiring berjalannya latihan dan dengan bimbingan dan motivasi yang positif siswa mulai percaya diri.

Setelah agak terbiasa menggabungkan cat air dengan pastel melalui latihan garis dan bentuk sederhana, siswa mulai ditantang untuk eksplorasi lebih dalam lagi dengan membuat gambar dan lukisan utuh dengan objek dan tema tertentu, menggunakan media campuran cat air denga pastel.

ADD YOUR COMMENT