mengenal seni lukis romantisme raden saleh

Mengenal Seni Lukis Romantisme Karya Raden Saleh

FacebookTwitterGoogle+Share
mengenal seni lukis romantisme raden saleh

Lukisan Kapal Dilanda Badai karya Raden Saleh

Seni lukis romantisme karya Raden Saleh begitu kuat menyeruak pada karyanya yang berjudul “Kapal Dilanda Badai” (1873). Lukisan tersebut menggambarkan bagaimana gejolak yang dialami oleh pelukisnya. Pertentangan di dalam dirinya begitu kuat. Idealisme berhadapan dengan kenyataan. Gejolak pun timbul karena dua hal tersebut tentu saja tidak bisa selalu seiring dan selaras. Dengan kata lain, masalah akan selalu hadir bila gambaran ideal tidak bisa terwujud dengan kenyataan yang kita hadapi. Adanya gejolak ini pun disimbolkan oleh Raden Saleh dengan apik. Dua buah kapal dilukis sedang terombang-ambing oleh badai yang menyerang. Diperlihatkan pula sudut kapal yang mulai rusak dan sinar matahari dari atas. Kesan yang ditimbulkan adalah kesuraman selama masa pergolakan itu berlangsung.

Seni Lukis Romantisme Karya Raden Saleh dan Perjuangan Bangsa Indonesia

Disadari atau tidak oleh Raden Saleh, berbagai karya ciptaannya termasuk “Kapal Dilanda Badai” telah sedikit banyak berdampak pada perjuangan anak bangsa ketika itu. Karya-karyanya menunjukkan bahwa bangsa “Inlander” yang dianggap rendahan sebenarnya bisa dan tidak kalah dengan bangsa Eropa. Apalagi pada masa kebangkitan nasional tahun 1913, dimana Noto Suroto menulis “Bij het 100ste Geboortejaar van Raden Saleh” (Peringatan ke-100 tahun kelahiran Raden Saleh). Pada saat itu, upaya penyadaran kemampuan orang Jawa pada dirinya sendiri sedang tumbuh akan tetapi kemampuan dalam bidang seni tidak banyak dijumpai. Karenanya, karya-karya seni lukis romantisme karya Raden Saleh memang patut dijadikan penyemangat kesadaran kemampuan orang Jawa untuk mandiri.

Selain dapat dibanggakan pada masa kebangkitan nasional, faktanya karya-karya Raden Saleh – yang merupakan bagian penting tonggak seni lukis modern Indonesia – hingga kini selalu dikenang. Apalagi, Raden Saleh tidak terus-menerus berkutat pada aliran romantisme yang itu-itu saja. Berbagai karya Raden Saleh seperti “Penangkapan Diponegoro” merupakan bukti kekayaan karya Raden Saleh. Berbagai karyanya yang lain yakni “Een Boschbrand” (Kebakaran Hutan), “Een Overstrooming op Java” (Banjir di Jawa), dan “Een Jagt op Java” (Berburu di Jawa). Berbagai karya Raden Saleh tersebut telah banyak menjadi inspirasi orang Indonesia pada waktu itu dan hingga kini. Apalagi, saat ini, seni lukis romantisme karya Raden Saleh banyak dijadikan rujukan terutama oleh akademisi seni lukis di Indonesia.

No Responses

ADD YOUR COMMENT