Lukisan Mountain Landscape karya Wakidi

Periode Seni Lukis Indonesia Jelita

FacebookTwitterGoogle+Share
Lukisan Mountain Landscape karya Wakidi

Lukisan Mountain Landscape karya Wakidi

Salah satu periode seni lukis Indonesia modern adalah periode seni lukis Indonesia jelita atau yang dikenal dengan periode Mooi Indie. Pada masa ini, objek yang dijadikan fokus lukisan adalah keindahan alam Indonesia. Karenanya, tidak heran bila masa ini juga disebut sebagai periode Hindia Molek. Masa periode ini muncul pada tahun 1800an hingga 1900an. Periode yang menangkap keindahan alam Indonesia secara utuh ini begitu berbeda dengan periode sebelumnya yang tidak memperhatikan keadaan alam Indonesia sama sekali. Bahkan pada masa ini, bukan hanya pelukis Indonesia yang aktif menangkap alam Hindia Belanda yang cantik. Salah satu tanda periode ini adalah datangnya para pelukis dari luar negara yang sama-sama ingin melukis alam Indonesia.

Tokoh dan Hasil Karya Seni Lukis Indonesia Jelita

Bangkitnya periode seni lukis di berbagai negara tentu dipelopori dengan adanya tokoh-tokoh yang berperan. Biasanya, para tokoh tersebut menciptakan trend yang membangkitkan gaya baru dalam melukis serta fokus yang dijadikan tema dan objek lukisan. Pada kasus periode seni lukis Indonesia Jelita atau Mooi Indie kita akan dihadapkan pada nama-nama besar seperti Abdullah Soro Subroto, Mas Pirngadi, Henk Ngantung, Lee Man Fong, Ruddolf Bonnet, Romuldo Locatelli, Lee Mayer, dan W. G Hofker. Nama-nama di atas memiliki kontribusi besar pada perkembangan seni lukis periode ini serta perkembangan seni lukis Indonesia secara keseluruhan. Namun, sebenarnya beberapa nama tersebut tentu masih merupakan sebagian kecil dari banyaknya nama-nama besar yang telah berkontribusi pada periode Mooi Indie ini.

Salah satu contoh karya seni lukis periode Indie Mooi adalah karya Wakidi berjudul “Mountain Landscape”. Lukisan karya Wakidi ini benar-benar representasi seni lukis pada masa kolonial tersebut. Lukisan Wakidi yang dibuat dengan cat minyak ini, murni hanya menangkap potret pemandangan Indonesia. Meskipun sangat indah, namun makna lukisan Wakidi hanya sebatas keindahan alam Indonesia yang digambarnya saja. Hal ini tidak terlepas dari pengaruh penjajahan Belanda yang tidak mengizinkan kritikan pada lukisan yang dibuat seniman pada waktu itu. Akibatnya, seni lukis Indonesia jelita memang hanya berkutat pada keindahan objeknya.

ADD YOUR COMMENT