Lukisan Karya S. Sudjojono

Sedikit tentang Perkembangan Seni Lukis Modern Indonesia

FacebookTwitterGoogle+Share
Lukisan Karya S. Sudjojono

Lukisan Karya S. Sudjojono

Perkembangan seni lukis modern Indonesia, tidak terlepas dari intervensi kolonial yang menghasilkan karya seni ala barat. Teknik, pewarnaan, dan aliran-aliran seni lukis Eropa terutama Belanda banyak dipelajari oleh kaum pribumi yang mendapatkan akses pendidikan ala barat. Dengan demikian, pada mulanya memang seni lukis modern di Indonesia berasal dari kaum bangsawan yang memiliki hak lebih besar dibanding rakyat jelata. Salah satu pioneer dalam sejarah seni melukis modern di Indonesia adalah Raden Saleh. Berbagai karyanya yang memiliki aliran romantisme sangat dekat dengan pengalamannya belajar bersama pelukis barat. Sebut saja gurunya selama ia berkeliling di barat, yakni pelukis Belgia Antonio Payen serta pelukis Belanda A.Schelfhouf dan C.Kruseman di Den Haag.

Tokoh-tokoh Seni Lukis Modern Indonesia dan Maknanya bagi Perjuangan Bangsa

Awal mula seni lukis modern di Indonesia yang merupakan bagian tak terpisahkan dari perkembangan seni rupa modern Indonesia, secara kronologis dapat dibedakan menjadi lima periode dengan satu periode akhir yakni periode modern. Periode-periode seni lukis modern Indonesia adalah periode Perintisan Awal, periode Mooi Indie, periode Persagi, periode Pendudukan Jepang, dan periode Sanggar. Setiap periode tentu memiliki karakter yang berbeda satu sama lain. Apalagi, bila dikaitkan dengan semangat anti kolonialisme. Misalnya saja periode perintisan awal dengan salah satu tokoh terkenalnya Raden Saleh. Kemampuan Raden Saleh menciptakan lukisan bergaya barat tentu merupakan cambuk yang sering dibanggakan orang Hindia Belanda kala itu bahwa mereka, khususnya orang Jawa juga tak kalah dari bangsa Eropa.

Hingga kini, seni lukis modern di Indonesia terus berkembang. Berbagai lukisan karya anak bangsa berani memadukan gaya lukisan barat dan asli Indonesia. Hasilnya pun sangat unik dan khas. Salah satu tokoh seni lukis Indonesia era modern adalah Sindudarsono Sudjojono. Beliau dijuluki sebagai Bapak Seni Lukis Indonesia Baru dan merupakan seorang pendiri Persatuan Ahli Gambar Indonesia (Persagi) di Jakarta tahun 1937. Adapun, kebanyakan tema yang diangkat para pelukis era modern sangat beragam. Tema-tema seperti kemiskinan, ketidakadilan pemerintah, dan tema-tema abstrak lainnya banyak ditemukan pada seni lukis modern Indonesia yang masih akan terus berkembang ini.

No Responses

ADD YOUR COMMENT