Lukisan Potret Diri karya Affandi

Seni Lukis Aliran Eksperionisme – Uraian Singkat

FacebookTwitterGoogle+Share
Lukisan Potret Diri karya Affandi

Lukisan Potret Diri karya Affandi

Seni lukis aliran ekspresionisme adalah salah satu karya seni rupa yang tergolong mudah dikenali dan unik. Sesuai dengan namanya – ekspresionisme – yang berarti karya seni ini penuh dengan ekspresi dan emosi yang jelas terlihat. Selain pada lukisan, ekspresionisme terlihat jelas juga pada karya musik, film dan karya sastra atau puisi. Ekspresi yang diangkat dan terlihat kental terutama adalah ekspresi rasa marah, kesedihan dibandingkan dengan ekspresi dan rona kebahagiaan.

Karya Seni Lukis Aliran Ekspresionisme

Kemampuan seorang seniman lukis untuk mendistrosi hal yang nyata dengan tambahan ekspresi yang emosional sangat jelas terlihat. Seni lukis aliran ekspresionisme ini cukup menarik untuk dikenali lebih lanjut karena kita tentunya mengenal berbagai macam jenis emosi yang terkadang ditangkap dengan cara yang berbeda-beda pada setiap orangnya. Pada karya seni lukis, akan ada sebuah kebebasan dalam menuangkan karya dengan menggunakan beragam pilihan warna dan bentuk lukis dalam sebuah gambar namun mampu menghasilkan emosi yang meluap penuh untuk mencapai sebuah gambaran mengenai wujud sebuah tragedi, kejadian buruk atau menyedihkan dalam hidup. Kebanyakan para tokoh yang menganut aliran ekspresionisme ini mencoba mengungkapkan perasaan yang dialami oleh manusia  melalui karya seni lukis yang akan tampak hidup. Ciri nyata yang tampak pada aliran ekspresionisme ini akan terlihat pada corak, pemilihan warna, objek lukis, garis bahkan lewat kata-kata yang tertuang dalam lukisan itu sendiri. Salah satu tokoh terkenal yang juga adalah seniman lukis dengan aliran ini dari Indonesia adalah Affandi (alm), kita masih bisa menikmati hasil goresan dan torehan tangannya di gallery seni lukisnya di Jogjakarta.

Anda mungkin akan sedikit bingung ketika melihat lukisan seniman dengan aliran ekspresionisme yang terkadang tampak blur atau sulit dimengerti. Namun tetap saja karya seni lukis aliran ekspresionisme layak untuk dinikmati.

Comments
  1. makasih artikelnya dan semog bermanfaat bagi banyak orang .mau nanya aliran Ekspresionisme selain Affandi (alm ) siapa lagi ya ?

ADD YOUR COMMENT