Lukisan The Stone Breaker karya Gustave Courbet

Seni Lukis Aliran Realisme – Deskripsi Singkat

FacebookTwitterGoogle+Share
Lukisan The Stone Breaker karya Gustave Courbet

Lukisan The Stone Breaker karya Gustave Courbet

Seni lukis aliran realisme adalah salah satu jenis aliran seni rupa yang akan sedikit kita kenali. Sesuai dengan namanya, aliran realisme ini lebih memandang suatu hal secara nyata atau tanpa ilusi. Aliran ini membuat setiap gambar dan objek yang tertuang dalam lukisan selalu seperti apa adanya tanpa ada tambahan atau rekayasa. Dalam dunia seni lukis, aliran realisme cukup dekat dengan aliran romantisme dan juga neoklasik. Banyak juga yang mengatakan bahwa aliran realisme ini terlahir karena wujud hasil dari kedua jenis aliran neoklasik dan aliran romantisme yang digabungkan.

Seni Lukis Aliran Realisme dan Dunia Nyata

Hanya hal-hal yang nyata saja yang menjadi objek lukis dalam seni lukis aliran realism ini. Walaupun begitu yang namanya seni tetaplah sebuah karya tanpa batas yang berkembang sesuai dengan imaginasi yang dimiliki oleh pemilik nya dalam hal ini sang pelukis itu sendiri. Untuk karya seni aliran realisme ini juga memiliki ciri khusus atau karakteristik yang sangat jelas. Karakteristik nya yaitu: setiap lukisan yang dituangkan dalam bidang lukis selalu lebih terlihat empiris, tidak ada perubahan bentuk atau tampilan pada setiap objek lukis yang pelukis gambarkan karena mereka menjunjung nilai realis yang mana adalah sesuai dan apa adanya seperti objek asli yang mereka gambarkan itu. Sekalipun objek yang akan mereka gambar atau lukis memiliki sisi negatif, minus atau kekurangan disana sini maka mereka tetap dengan percaya diri akan menuangkan seperti aslinya pada lukisannya. Kebanyakan tema yang dipilih atau diangkat oleh seniman lukis aliran realism adalah kegiatan sehari-hari manusia seperti petani, pekerja, penari yang sudah jelas objeknya.

Beberapa tokoh pelukis aliran realism yang cukup dikenal namanya di dunia adalah Gustave Courbet, Jan van Eyck, Honore Daumier, John Singer Sergeant, dll. Mereka adalah pekerja seni yang sejak awal konsisten menggambar dalam bidang seni lukis aliran realisme.

ADD YOUR COMMENT