Lukisan The Raft of Medusa Karya Eugene Delacroix

Seni Lukis Aliran Romantisme – Aliran Tertua dalam Sejarah

FacebookTwitterGoogle+Share
Lukisan The Raft of Medusa Karya Théodore Géricault

Lukisan The Raft of Medusa Karya Theodore Gericault

Seni lukis aliran romantisme adalah salah satu aliran yang paling tua dalam sejarah dunia seni lukis. Kemunculan seni lukis aliran ini adalah pada abad 18 akhir, dimana pada konsepnya lebih menekankan pada kedalaman emosi atau perasaan yang dimiliki oleh manusia atau sang pelukis khususnya. Seniman atau pelukis yang berkarya dalam aliran romantisme memiliki kedalaman pikiran yang tak terduga karena itu dia mampu menonjolkan emosi dalam hasil akhir setiap lukisannya. Seni lukis romantisme berkembang dengan baik di Perancis yang memang sebagai Negara asal muasal kata romantisme itu sendiri. Sementara itu, dalam sejarah seni rupa modern Indonesia tercatat pula seorang pelukis yang namanya besar dengan aliran ini.

Seni Lukis Aliran Romantisme dalam Dunia Seni Lukis

Dalam dunia seni lukis, karya seniman dengan aliran romantisme memiliki beberapa ciri khusus yang menjadi ke-khasannya. Ciri tersebut adalah memiliki sebuah komposisi lukisan yang sama sekali tidak statis. Komposisi terbesar dalam aliran romantisme adalah kesan yang dramatis. Perpaduan warna-warna yang banyak menjadi dominan adalah warna gelap dan juga terang sehingga kesan dramatis lebih terangkat jelas. Sama seperti aliran seni lukis lainnya, aliran seni lukis romantisme juga memiliki tokoh-tokoh yang berperan cukup penting di dalam nya antara lain Theodore Gericault yang adalah salah satu seniman lukis romantisme besar dari Perancis. Selain itu ada juga tokoh yang bernama Eugene Delacroix yang cirri khasnya terlihat dari emosi yang begitu terluapkan dalam bentuk goresan lukis dan juga warna yang dipilihnya. Masing-masing tokoh aliran lukis romantisme memiliki ciri khas pada setiap lukisannya yang mampu membuat namanya besar dan dikenal.

Dunia lukis dan seni umumnya seperti diketahui adalah dunia imaginasi yang penuh dengan kebebasan dalam menuangkan karya sehingga terkadang tidak ada aturan pasti yang mampu menjadi garis batasan di dalamnya. Dibanding yang lain, karya seni lukis aliran romantisme ini lebih mudah dipahami.

Comments
  1. Melukis bagi saya adalah hal yang sulit. Karena selain skill yang harus selalu diasah, melukis juga berkaitan dengan bakat dan imaginasi..hehe salam kenal bos.

  2. Suka sekali dengan lukisan aliran romantisme, sebab karakter melancolis saya semakin mudah menikmati karya seni terutama bentuk visual.

ADD YOUR COMMENT