Lukisan di gua Leang-leang Sulawesi

Seni Lukis Prasejarah Indonesia yang Patut Kita Ketahui

FacebookTwitterGoogle+Share
Lukisan di gua Leang-leang Sulawesi

Lukisan di gua Leang-leang Sulawesi

Meskipun belum mengenal tulisan, nenek moyang Indonesia pada zaman dulu diketahui telah mampu menghasilkan karya lukisan, yang dapat dikategorikan sebagai seni lukis prasejarah Indonesia. Teknik yang digunakan tentu saja tidak secanggih teknik melukis saat ini yang banyak memanfaatkan berbagai alat spesifik. Karenanya, warna-warna dan bentuk yang dihasilkan pun sangat jauh bila kita bandingkan dengan hasil karya lukis para seniman sekarang yang sangat beragam dan dipenuhi warna-warna indah. Namun demikian, seni lukis prasejarah tetap saja memiliki nilai berharga terutama sebagai titik yang harus kita ketahui sebagai manusia yang telah membangun budaya sejak begitu lama. Seni lukis prasejarah di Indonesia ini, tentunya juga memberikan semacam gambaran bagaimana orang Indonesia hidup pada zaman dahulu dan menghasilkan karya seni rupa prasejarah yang bisa ditonton oleh anak cucunya.

Teknik dan Makna Seni Lukis Prasejarah Indonesia

Meskipun dipenuhi dengan keterbatasan, beberapa lukisan prasejarah memiliki bentuk-bentuk yang bisa kita identifikasi dengan mudah. Motif tangan, sosok manusia, matahari, perahu, bulan, ikan, dan kura-kura adalah beberapa motif yang jamak ditemui pada lukisan prasejarah di Indonesia. Kebanyakan lukisan ditemukan pada dinding-dinding gua. Untuk memberikan warna, biasanya manusia prasejarah menyemprotkan hasil kunyahan dedaunan atau batu mineral berwarna. Teknik seni lukis prasejarah Indonesia ini disebut dengan teknik aerograph. Selain dinding gua, beberapa media lain yang sering digunakan adalah tanah liat. Adapun pada zaman Neolithikum dan Megalithikum, lukisan banyak diterapkan pada bangunan, benda kerajinan, dan hiasan ornamen.

Fungsi lukisan prasejarah sendiri biasanya dikaitkan dengan kepercayaan magis. Berbagai peristiwa yang dilakukan manusia prasejarah juga sering digambarkan, misalnya aktivitas berburu. Beberapa contoh lukisan prasejarah di Indonesia bisa ditemui di Sulawesi Selatan, tepatnya di Gua Leang-Leang Pattakere di Maros. Lukisan pada dinding gua tersebut menggambarkan adanya aktivitas perburuan yang dilakukan manusia prasejarah Maros. Di tanah Papua, kita mendapati hasil karya manusia pra sejarah di berbagai guanya yang tersebar di berbagai tempat. Salah satu motif yang banyak ditemukan adalah motif cap tangan. Sebagai bangsa Indonesia, tentu penting bagi kita untuk memiliki pengetahuan mengenai seni lukis prasejarah Indonesia  ini.

No Responses

ADD YOUR COMMENT