seni lukis yang kaya teknik dan media

Seni Lukis – Seni yang Kaya Teknik dan Media

FacebookTwitterGoogle+Share

seni lukis yang kaya teknik dan mediaSeni lukis secara umum merupakan bagian dari seni rupa. Seni ini merupakan pengembangan menggambar secara lebih utuh. Kegiatannya berupa pengolahan garis warna dan unsur rupa lainnya di atas media dua atau tiga dimensi untuk mendapatkan suatu kesan tertentu. Untuk menuangkan ide-ede lukisan, selain kanvas yang populer, melukis pun bisa di kertas, bahkan di atas sekeping papan. Kini, melukis di dalam media film pun yang tidak lain digunakan dalam dunia fotografi, juga bisa digunakan sebagai  media lukis. Media atau alat untuk melukis bervariasi, syaratnya hanya satu yaitu mampu menjadi bagian imajinasi dari media lain yang digunakan.

Seni Lukis yang Terus Berkembang

Dalam sejarah, seni lukis bisa kita lihat dari banyaknya gambar peninggalan dari jaman pra sejarah berupa gambar pada dinding di dalam gua sebagai salah satu bentuk pencitraan suatu kehidupan. Materinya begitu sederhana bahkan hanya dengan kapur atau arang saja. Dapat dilihat, pada lukisan tersebut juga digunakan teknik cetak, dengan cara menempelkan tangan yang mereka gunakan sebagai media/motif pada dinding tersebut. Ada juga teknik sembur dengan bebatuan mineral atau dedaunan yang dikunyah dan disemburkan.  Jiplakan tangan serta cipratan warna pada dinding gua sebagai hasil dari teknik tersebut kemudian dikembangkan.

Ekspresi pengalaman seorang seniman yang begitu artistik yang dituangkan dalam lukisan bisa menggunakan media serta teknik tertentu yang sangat beragam. Penggunaan media dan teknik melukis akan menghasilkan karya seni yang berbeda-beda, yang melahirkan aliran atau gaya, pun juga jenis lukisannya. Untuk lukisan dengan cat minyak,  medianya berupa cat yang bentuknya seperti pasta atau tepung yang dicampur minyak dan bisa diaplikasikan menggunakan pisau palet atau kuas. Jenis lukisan cat air yaitu lukisan yang menggunakan cat air sebagai media lukisnya dengan sifat catnya yang transparan. Lukisan pastel, jenis lukisan ini medianya berupa pigmen warna yang butirannya telah dipadatkan dan bentuknya seperti batang kapur. Lukisan arang yang dinamakan dengan conte memiliki kesan gelap terang. Cahaya dan bentuknya akan ditonjolkan dalam lukisan ini. kesan segar ada dalam lukisan dinding yang dinamakan lukisan Al-Fresco. Sedangkan Al-Secco merupakan lukisan pada tembok yang sama medianya dengan Al-Fresco, bedanya ada pada tembok yang harus sudah kering ketika akan dilukis. Lukisan pada tembok juga ada yang dinamakan tempera. Cat diaduk bersama perekat hingga putih telur. Hasil campuran ini seperti cat minyak. Ada juga melukis dengan cara menempel potongan suatu bentuk yang ada pada lukisan Azalejo. Terakhir, lukisan mozaik dengan teknik menempel yang medianya bisa kaca, biji-bijian, mineral, porselen, atau batu yang susunannya membentuk suatu pola. Begitu beragamnya jenis lukisan atas media dan setiap teknik dalam seni lukis.

ADD YOUR COMMENT