seni patung zaman prasejarah

Karya Seni Patung Zaman Prasejarah

FacebookTwitterGoogle+Share

seni patung zaman prasejarahSeni patung zaman prasejarah lebih dikenal dengan sebutan patung-patung batu. Awal mula seni patung ini dikenal yaitu tercatat sejak zaman Neolitikum. Patung-patung yang diciptakan biasanya berupa patung leluhur atau nenek moyang, serta penolak bala. Gaya patung ini tentu saja mengikuti gaya pada zaman itu dengan menggunakan batu sebagai material utamanya. Kadang-kadang juga bisa dengan menggunakan bahan baku berupa kayu. Pembuatan patung di zaman ini banyak dipengaruhi oleh seni ornamentik. Patung-patung prasejarah yang saat ini sudah mulai ditemukan umumnya memiliki ukuran yang cukup besar, memiliki gaya yang statis, dan bersifat frontal dan monumentalis. Tetapi, di tempat lain juga banyak ditemukan patung prasejarah yang gayanya tampak lebih dinamis.

Peninggalan Seni Patung Zaman Prasejarah

Sebenarnya, peninggalan seni rupa dari zaman prasejarah ini tidak hanya berupa seni patung, tetapi juga ada seni bangunan dan seni lukis. Diketahui bahwa dahulu kalanya manusia di zaman prasejarah sudah mampu membuat seni bangunan yang unik dari batu yang disusun atau didesain sedemikian rupa. Begitu juga dengan keunikan seni lukisnya. Berdasarkan penelitian yang ada, seni patung zaman prasejarah yang ditemukan ada di Jawa Barat, di Sumatera Selatan, dan di Nias. Beberapa patung diantaranya mengesankan bentuk laki-laki yang mengendarai kuda, ada juga tampak seperti menunggang hewan buruan. Umumnya, patung-patung yang ditemukan ini memiliki ukuran yang lumayan besar. Adanya patung batu ini tentu membuktikan bahwa seni sudah mulai berakar sejak dulu.

Sejarah seni rupa di Indonesa pada zaman prasejarah  dikelompokkan berdasarkan perkembangan dari kebudayaan manusia. Pada zaman ini, ada fase-fase yang terbentuk meliputi masa tertentu. Misalnya, pada masa berburu untuk mengumpulkan makanan, manusia baru memiliki peralatan yang sederhana terbuat dari batu. Pasa masa tingkat lanjut dalam mengumpulkan makanan, alat yang dipakai sudah mulai mempunyai bentuk. Selanjutnya masa bercocok tanam telah menggunakan alat-alat yang lebih halus dan bagus, dan berikutnya pada masa perindustrian, alat yang dibuat sudah dari logam. Hal ini juga mempengaruhi proses pembuatan, bahan dan alat yang digunakan untuk pembuatan seni patung zaman prasejarah tersebut.

No Responses

ADD YOUR COMMENT