seni patung dan fungsinya dalam kehidupan sehari-hari

Mengetahui Seni Patung dan Fungsinya di Kehidupan Sehari-Hari

FacebookTwitterGoogle+Share

seni patung dan fungsinya dalam kehidupan sehari-hariSeni patung dan fungsinya sangat penting diketahui karena tak bisa dipungkiri patung adalah salah satu benda yang sering kita jumpai pada kehidupan sehari-hari. Seni patung sendiri isa diartikan sebagai hasil karya seni rupa tiga dimensi yang tentunya memiliki volume. Patung adalah bentuk tiruan dari bentuk aslinya, baik bentuk benda ataupun makhluk hidup. Cara pembuatan patung pun sangat beragam dan bervariasi. Semakin lama proses pembuatan patung semakin modern dan semakin menyerupai bentuk aslinya. Para seniman patung pun biasanya membuat patung untuk mengekspresikan perasaan mereka, sehingga biasanya patung isa mencerminkan ekspresi rasa hati tertentu, seperti cinta, senang, sedih, dan sebagainya.

Seni Patung dan Fungsinya untuk Kehidupan Manusia

Seni patung dan fungsinya dalam kehidupan tentunya sangat identik dengan keindahan. Tujuan diciptakannya sebuah patung adalah untuk membuat karya seni yang bisa bertahan lebih lama dibandingkan dengan karya seni lainnya. Hal ini dikarenakan bahan-bahan pembuatan patung biasanya lebih tahan lama ketimbang bahan karya seni yang lainnya. Harga karya patung pun pada dasarnya cukup mahal, karena proses pembuatannya pun sangat tidak sederhana. Apalagi jika patung tersebut dibuat dari benda-benda yang juga berharga mahal seperti marmer, perunggu, emas, keramik, batu, kayu dan sebagainya. Dan tentunya harga akan disesuaikan dengan bahan dan proses pembuatannya.

Di masa lalu bahkan sampai hari ini, patung memiliki banyak sekali fungsi untuk kehidupan manusia. Dahulu patung digunakan sebagai benda yang meyimbolkan Dewa, sehingga orang-orang akan menyembah patung. Namun semakin lama benda yang dianggap berhala ini mulai ditinggalkan dan patung hanya dianggap sebagai hasil karya seni belaka yang juga memiliki fungsi lain. Misalnya patung bisa digunakan untuk dekorasi interior atau di dalam ruangan, bisa juga digunakan untuk dekorasi eksterior atau luar ruangan. Patung juga bisa digunakan sebagai penanda atau benda yang memperingati sebuah kejadian bersejarah, dan bisa juga digunakan sebagai properti atau alat untuk kepentingan keagamaan. Dengan demikian sekarang Anda sudah tahu apa itu seni patung dan fungsinya.

No Responses

ADD YOUR COMMENT