seni patung dan teknik pembuatannya

Seni Patung dan Teknik Pembuatannya yang Biasa Digunakan

FacebookTwitterGoogle+Share

seni patung dan teknik pembuatannyaSeni patung dan teknik pembuatannya mungkin menjadi salah satu pemahaman dasar yang harus dipelajari dan diketahui oleh semua pembuat patung. Pasalnya seni patung bukanlah sebuah seni yang bisa dibuat dengan sembarangan karena bentuk yang dibuat biasanya sangat detil dan biasanya berbentuk seperti objek aslinya. Seni patung adalah karya seni rupa, selain memiliki fungsi yang beragam, dalam proses pembuatannya harus dibuat dengan cara yang benar, dengan hati dan juga dengan ketekunan serta keuletan. Dedikasi dalam seni yang kita tekuni pun sebenarnya merupakan hal yang sangat penting. Maka dari itu pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi kepada Anda mengenai bagaimana teknik pembuatan patung.

Seni Patung dan Teknik Pembuatannya yang Harus Anda Ketahui

Ketika membuat sebuah patung, seorang seniman dituntut untuk bisa benar-benar mengetahui seni patung dan teknik pembuatannya. Bukan hanya itu, tetapi sebagai seorang pembuat patung seseorang juga diharapkan bisa menentukan teknik tertentu yang bisa ia gunakan untuk menyesuaikan jenis bahan yang tersedia. Ada tiga cara pembuatan patung yang harus Anda ketahui, yaitu seni dan teknik pembuatan dengan cara cor atau cetak, modeling, dan konstruktif. Ketiganya memiliki perbedaan yang cukup signifikan, sehingga sangat penting untuk diketahui oleh seorang seniman patung.

Teknik cor atau cetak biasanya digunakan pematung untuk proses pembuatan patung yang menggunakan bahan bersifat cair. Maka sebelum membuat sebuah patung, seniman patung biasanya harus membuat cetakannya terlebih dahulu yang nantinya akan diisi oleh bahan. Teknik kedua adalah teknik modeling, sebuah teknik pembuatan patung yang biasanya menggunakan bahan yang bersifat lunak. Jadi pematung akan menggunakan beberapa cara seperti memijit, meremas, atau membentuk sesuai yang diinginkannya. Dan teknik yang ketiga adalah teknik konstruktif atau dengan cara menemel. Cara pembuatan patungnya adalah dengan menempelkan bagian per bagiannya sehingga akan membentuk sebuah patung. Bahan yang digunakan cukup bervariasi, mulai dari logam, lilin, bubur kertas, tanah liat, dan sebagainya. Jadi itu tadi adalah penjelasan mengenai apa itu seni patung dan teknik pembuatannya.

No Responses

ADD YOUR COMMENT