seni patung indonesia dan seni ukir

Seni Patung Indonesia dan Seni Ukir yang Saling Berkaitan

FacebookTwitterGoogle+Share

seni patung indonesia dan seni ukirSeni patung Indonesia tak bisa dipungkiri saling memiliki keterkaitan satu sama lain dengan perkembangan seni ukir di tanah air. Menurut sejarah yang beredar, seni ukir sendiri mulai dikenal oleh bangsa Indonesia sejak zaman 1500 tahun sebelum Masehi. Pada saat itu Indonesia masih berada pada zaman batu muda atau yang disebut dengan Neolitik. Ketika itu seorang pemahat bisa membuat sebuah ukiran menggunakan kapak batu atau bahan-bahan lainnya dengan cara dan juga motif yang sederhana. Saat itu bahan-bahan yang digunakan hanya sebatas batu, kayu, bambu, tanah liat, kulit atau tanduk hewan. Motif yang dibuat pun sangat sederhana, karena pada zaman itu mereka hanya bisa membuat motif berupa garis, titik atau lengkungan.

Perkembangan Seni Patung Indonesia dan Seni Ukir

Setelah itu seni ukir semakin berkembang, terutama pada sekitar tahun 500 – 300 tahun sebelum masehi yang mulai memasuki zaman perunggu. Bukan hanya batu, kayu atau tanah lagi yang bisa mereka gunakan membuat patung. Tetapi saat seni patung Indonesia masih berkembang di zaman perunggu, barang yang digunakan atau dipahat adalah bahan-bahan seperti emas, perak dan perunggu. Dan pada masa itu orang-orang sudah mulai mengenal teknik cor. Maka dari itu motif yang bisa mereka buat pun lebih bervariasi ketimbang pada saat zaman batu.

Perkembangan seni patung sangat dipengaruhi oleh seni ukir, karena di Indonesia sendiri, seni ukir mulai berkembang sangat pesat saat agama Hindu, Buddha dan Islam mulai masuk ke Indonesia. Saat itu pahatan atau patung dibuat sebagai bentuk penghormatan kepada sang Raja. Bahkan tak jarang sebuah kerajaan atau raja akan meninggalkan candi-candi atau prasasti sebagai salah satu bentuk peninggalan sejarah budaya yang pernah terjadi di Indonesia. Bahkan bukan hanya berupa patung yang terbuat dari ukiran saja, melainkan banyak juga barang-barang lain seperti keris, tombak, batu nisan, dan beberapa jenis barang lain yang dibuat menggunakan berbagai teknik membuat patung. Demikian informasi singkat mengenai seni patung Indonesia.

No Responses

ADD YOUR COMMENT