Patung Karya G Sidharta Soegijo

Seni Patung Modern Indonesia yang Semakin Berkembang

FacebookTwitterGoogle+Share
Patung Karya G Sidharta Soegijo

Patung Karya G Sidharta Soegijo

Seni patung modern Indonesia mungkin perkembangannya masih kurang pesat jika dibandingkan dengan seni lukis. Akan tetapi saat ini nampaknya seni patung di Indonesia sudah mulai unjuk gigi. Kemunculan seni rupa modern di Indonesia yang mulai berkembang sejak awal abad ke-20 adalah salah satu pemicu mengapa seni patung di Indonesia perlahan mulai ditinggalkan. Bahkan semakin lama seni patung kalah populer dengan seni lukis. Akan tetapi tanpa Anda sadari seni patung di Indonesia sebenarnya tak pernah meredup. Bahkan di Indonesia seni patung adalah salah satu seni yang menjadi ciri khas.

Menilik Perkembangan Seni Patung Modern Indonesia Saat Ini

Perkembangan seni patung modern Indonesia ditandai dengan berdirinya Asosiasi Pematung Indonesia (API) yang diprakarsai oleh G Sidharta Soegijo pada tanggal 7 Juli tahun 2000 lalu. Berdirinya asosiasi pematung ini sekaligus menjadi tanggapan para seniman patung terhadap seni patung di Indonesia yang selama ini dianggap jalan di tempat. Jika dilihat selama beberapa tahun belakangan, seni patung di Indonesia ini seolah hanya diwakili oleh beberapa pematung saja yang memang sudah sering mengikuti pameran dan produktif dalam berkarya. Dan hal tersebut adalah salah satu alasan didirikannya Asosiasi Pematung Indonesia, karena asosiasi ini dibuat untuk tempat tumbuh kembangnya seni patung di Indonesia. Asosiasi ini juga sekaligus menjadi wadah bagi para pematung Indonesia untuk saling bekerjasama.

Akan tetapi perkembangan seni patung di Indonesia ini bukan hanya ada di tangan para pematung tanah air saja. Akan tetapi masyarakat Indonesia dan juga lingkungan juga harus turut mengapresiasi dan mendukung perkembangan seni patung dengan berbagai cara. Mulai dari instansi pemerintahan, jurnalis, kolektor, swasta, ataupun masyarakat umum. Berbagai pameran patung yang dibuat oleh API juga diharapkan bisa membuat masyarakat lebih mengenal seni patung dan bisa membuat seni patung lebih eksis dalam jajaran berbagai karya seni di Indonesia. Dengan demikian masyarakat Indonesia diharapkan akan lebih menghargai dan menikmati karya seni patung modern Indonesia.

No Responses

ADD YOUR COMMENT