Starry Night

Hasil Karya Seni Rupa Murni Terkenal di Dunia

FacebookTwitterGoogle+Share
Monalisa

Monalisa

Lukisan adalah salah satu jenis seni rupa murni di mana nilai estetis lebih dikedepankan daripada nilai guna atau manfaat. Meski begitu, bisa dibilang bahwa seniman lukis atau pelukis seringkali mampu mengukir nama di dunia seni dengan karya – karya yang dibuatnya, bahkan banyak nama mampu bertahan hingga berabad – abad. Banyak lukisan yang berhasil mencapai angka fantastis, terutama yang dibuat oleh para pelukis terkenal.

Lukisan Seni Rupa Murni Paling Terkenal

Berikut ada beberapa hasil seni rupa murni yang sangat terkenal hingga saat ini:

  1. Mona Lisa

Siapa yang tidak tahu lukisan yang satu ini? Harus diakui bahwa Mona Lisa adalah hasil karya seni lukis yang paling terkenal, paling banyak dibahas, paling banyak dikunjungi, paling banyak dilihat, paling dikagumi dan bahkan paling banyak diparodikan di seluruh dunia. Mona Lisa dibuat oleh seniman terkenal asal Italia, Leonardo da Vinci pada tahun 1503. Yang membuat Mona Lisa sangat terkenal adalah senyuman wanita yang menjadi objek lukisan tersebut. Selain memikat, lukisan tersebut juga masih misterius, terutama terkait jati diri wanita yang dijadikan objek.

  1. Starry Night
Starry Night

Starry Night

Lukisan ini dibuat oleh pelukis terkenal Belanda, Vincent Van Gogh pada bulan Juni 1889. Salah satu yang membuat lukisan ini unik adalah cerita bahwa Van Gogh membuatnya saat tinggal di rumah sakit jiwa.

  1. The Kiss

Dibuat oleh pelukis asal Austria, Gustav Klimt antara tahun 1908 dan 1909, lukisan ini sangat terkenal. Lukisan tersebut sebagian besar memakai warna emas yang menggambarkan pasangan yang sedang saling berpelukan dengan masing – masing tubuh diselimuti oleh selimut emas dengan dekorasi bergaya Art Nouveau.

The Kiss

The Kiss

  1. Luncheon of the Boating Party

Lukisan ini dibuat oleh Pierre-August Renoir pada sekitar tahun 1880 dan 1881. Lukisan ini dipuji karena mampu menghadirkan kekayaan bentuk, figur serta lanskap.

  1. Girl with a Pearl Earing

Dilukis pada sekitar abad ke-17 oleh pelukis asal Belanda Robert Vermeer, lukisan ini seringkali disebut sebagai “Mona Lisa Belanda”. Yang menjadi daya tarik seni rupa murni ini adalah anting – anting yang dikenakan oleh gadis yang menjadi objek.

ADD YOUR COMMENT