seni rupa berdasarkan bentuknya

Pembagian Seni Rupa Berdasarkan Bentuk

FacebookTwitterGoogle+Share

seni rupa berdasarkan bentuknyaSeni rupa berdasarkan bentuk dapat dibedakan jenisnya atas perbedaan dimensi. Berdasarkan dimensinya, seni rupa dibagi menjadi dua, yaitu karya seni dengan dua dimensi, dan karya seni dengan tiga dimensi. Karya seni rupa dengan mudah dapat dinilai dengan mata, disentuh,dan dirasakan bagaimana teksturnya. Beragam karya yang ada di sekitar kita memiliki bentuk, ukuran, tekstur, dan warna yang berbeda-beda. Begitu juga dengan proses pembuatannya serta pemanfaatannya. Dari banyak ragam ini, dibuatlah penggolongan tertentu oleh para ahli agar penikmat seni bisa mengelompokkannya dengan mudah. Salah satunya yaitu berdasarkan bentuknya, menjadi dua dan tiga dimensi.

Contoh Seni Rupa Berdasarkan Bentuk

Dua dimensi dalam seni rupa mengartikan bahwa karya seni tersebut memiliki dua ukuran, yaitu berupa panjang dan lebar, sehingga karya ini hanya bisa dilihat dari satu sisi yaitu bagian depan saja. Contoh dari karya seni rupa bentuk dua dimensi ini yaitu seni lukis. Ya, seni lukis merupakan salah satu bagian atau cabang seni rupa. Jika didefinisikan menurut dasarnya, seni lukis merupakan pengembangan dari menggambar yang lebih utuh. Melukis menjadi kegiatan  mencipta karya seni rupa dengan medium dua dimensi. Dari segi bentuknya, medium lukisan bisa berupa apa saja, baik kanvas, papan, ataupun kertas. Alat yang dipakai juga beragam, asalkan dapat menuangkan imajinasi pada media tersebut.

Tidak hanya seni lukis, seni grafis dan fotografi juga termasuk ke dalam seni dua dimensi. Sedangkan untuk seni rupa dengan medium tiga dimensi, contohnya yaitu seni patung, seni instalasi, dan seni keramik. Seni patung biasanya diwujudkan dari pengolahan yang menyangkut unsur-unsur dari seni rupa itu sendiri yang menggarap benda tiga dimensi. Untuk seni instalasi dilakukan teknik pemasangan, penyatuan, dan konstruksi beberapa benda yang mungkin saja mengarah pada konteks pemahaman makna tertentu. Terakhir, untuk seni keramik terdapat pengolahan material dari bahan keramik untuk menciptaka sebuah karya seni rupa. Jika diperhatikan lebih lanjut dengan pertimbangan dimensi yang ada maka pengelompokkan ini didasarkan pada seni rupa berdasarkan bentuk.

Comments
  1. Ini lanjutan dari Pengelompokan Seni Rupa

ADD YOUR COMMENT