seni rupa murni Indonesia

Pengertian dan Cabang Seni Rupa Murni Indonesia

FacebookTwitterGoogle+Share

seni rupa murni IndonesiaSeni rupa murni Indonesia adalah seni rupa yang berkembang di Indonesia yang dalam proses terciptanya tidak memperhatikan unsur atau faktor kepraktisan, seperti pada seni rupa terapan. Karya seni rupa murni secara khusus dibuat atau diciptakan berdasarkan atas kreativitas dan ekspresi si pembuatnya. Meski sering dikatakan sebagai seni rupa yang bebas, namun ada setidaknya beberapa aliran atau gaya yang berkembang, yaitu romantisme, impresionisme, surrealisme dan ekspresionisme dan masih banyak lagi.

Cabang – Cabang Seni Rupa Murni Indonesia

Seni rupa murni Indonesia memiliki beberapa cabang, yaitu:

  • Seni lukis

Seperti yang kita ketahui, seni lukis adalah salah satu cabang dari seni rupa murni yang hasil karyanya berwujud atau hadir dalam bentuk dua dimensi. Umumnya, karya seni lukis dibuat dengan menggunakan media kain kanvas yang kemudian dilukis dengan cat akrilik maupun cat minyak. Ada beberapa aliran di dalam seni lukis yang berkembang, yakni naturalis yang dibuat sesuai dengan bentuk aslinya, ekspresionis yang dibuat berdasarkan ekspresi emosi si pelukis, abstrak yang bentuk dari objek lukisan bersifat semu atau tersamar dan masih banyak lagi. Khusus untuk aliran abstrak, seringkali karya yang hadir sulit untuk dimengerti oleh orang awam.

  • Seni grafis

Seperti hanya lukisan, seni grafis juga hadir dalam dua dimensi. Teknik yang digunakan untuk membuat karya seni ini bisa sangat bervariasi mulai dari cukil kayu, monotype, collagraph, sablon, etsa atau pengasaman bahan logam hingga lito atau pencetakan dengan menggunakan bahan baku batu lito.

  • Seni patung

Seni patung adalah salah satu cabang seni murni yang hasil karyanya berwujud tiga dimensi. Ada banyak sekali bahan baku yang bisa digunakan dalam membuat patung, mulai dari batu, kayu, logam, gypsum hingga balok es.

  • Seni keramik

Seni keramik dapat pula dikategorikan sebagai salah satu cabang seni rupa murni. Hasil karya seni keramik hadir dalam bentuk tiga dimensi. Seperti namanya, seni ini lebih banyak menggunakan bahan baku tanah lempung atau tanah liat, kaolin dan pasir.

Jika diperhatikan, kita bisa melihat bahwa sejatinya seni rupa murni telah ada dan berkembang sejak peradaban manusia ada. Khusus di Indonesia, seni ini berkembang begitu baik dan banyak mendapat pujian dari para pemerhati seni dari luar negeri. Secara tidak langsung hal itu menunjukkan bukti bahwa para seniman yang bergelut di dunia seni rupa murni Indonesia memiliki talenta yang luar biasa.

No Responses

ADD YOUR COMMENT