seni rupa berdasarkan fungsinya

Pengertian Mengenai Seni Rupa Berdasarkan Fungsinya

FacebookTwitterGoogle+Share

seni rupa berdasarkan fungsinyaSeni rupa berdasarkan fungsinya dapat dibedakan atas dua golongan, yaitu seni rupa murni atau  fine art dan seni rupa terapan atau applied  art. Penggolongan ini muncul dari tujuan penciptaan masing-masing seni tersebut. Sebelum lebih jauh membahasnya, perlu diketahui bahwa seni rupa merupakan seni yang dapat dihayati dan dinikmati melalui keindahan yang tampak oleh mata. Seni rupa hadir sebagai hasil dari aktivitas seniman didasari oleh penerapan norma-norma yang bersumber dari pengamatan alam. Seni rupa juga dapat tercipta dari hasil ekspresi yang dituangkan dalam bentuk karya yang mengesankan hati.

Penggolongan Seni Rupa Berdasarkan Fungsinya

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, seni rupa dibedakan menjadi fine art (murni) dan applied art (terapan). Seni rupa yang digolongkan murni atau fine art  tercipta karena adanya kebebasan mencipta dengan tanpa mempertimbangkan kegunaan ataupun fungsinya. Disini setiap pencipta seni bebas untuk mengekspresikan ide ataupun isi hatinya tanpa perlu memikirkan fungsi praktisnya. Dalam penerapan seni rupa berdasarkan fungsinya yang dilirik dari segi kemurniannya ini, jenis karya yang banyak ditemukan yaitu dari seni patung dan seni lukis. Untuk membuat sebuah lukisan, seniman bebas mengembangkan kreativitasnya tanpa perlu berpikir lukisan tersebut nantinya akan mempunyai fungsi apa dan hendak dipasang dimana.

Selanjutnya dari sisi seni terapan (applied art) diciptakan dengan mengusung fungsi tertentu. Artinya, karya seni yang tercipta memiliki tujuan untuk digunakan. Seni seperti ini akan banyak didapati dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, adanya seni bangunan atau arsitektur rumah yang menampilkan keindahan, buku bergambar yang bagus, dekorasi rumah yang menarik, dan lain sebagainya yang masing-masingnya ada untuk digunakan. Itulah perbedaan antara kedua penggolongan seni rupa ini. Secara garis besar, keduanya dpisahkan berdasarkan tujuan penciptaan atau fungsinya. Terkadang ada juga karya seni yang sukar untuk dibedakan sehingga kesulitan untuk dimasukkan dalam salah satu penggolongan tersebut. Memang, dalam perkembangannya seni rupa diciptakan dengan lebih bebas lagi untuk menghasilkan karya-karya yang unik. Walaupun begitu, dalam penggolongannya karya seni tetap bisa diklasifikasikan atas seni rupa berdasarkan fungsinya.

Comments
  1. Kita sesuai dengan Blog Suyono yang menguraikan tentang Pengelompokan Seni Rupa. Semoga buat adik-adik kita pelajar juga tahu

ADD YOUR COMMENT