pengertian seni lukis menurut ahli

Pengertian Seni Lukis Menurut Para Ahli

FacebookTwitterGoogle+Share

pengertian seni lukis menurut ahliBudaya seni lukis yang begitu besar, menjadikan deskripsi seni lukis menurut para ahli begitu bervariasi. Menurut M. Adler, seni lukis dapat diartikan sebagai sesuatu yang memberikan kesenangan. Deskripsi ini meskipun terkesan sangat sederhana, namun tentu memiliki nilai kebenaran yang sangat jamak diamini oleh manusia. Sebab, dalam sejarahnya seni lukis memang dijadikan media yang membuat manusia senang melihatnya. Bahkan, meskipun lukisan yang dihasilkan sedih, namun gambaran kesedihan tersebut akan mewakili mereka yang merasakannya sehingga mereka merasa terwakili. Di zaman dahulu saat seni lukis dianggap memiliki fungsi magis, seni lukis juga dapat menjadi kesenangan tersendiri karena menenangkan jiwa manusia yang begitu kecil saat berhadapan dengan alam yang begitu besar dan ganas.

Deskripsi Seni Lukis Menurut Para Ahli Lainnya

Selain M. Adler, banyak lagi deskripsi seni lukis yang ditunjukkan oleh para ahli lainnya. Filsuf terkenal, Aristoteles memberikan deskripsi yang menyerupai deskripsi M. Adler. Menurut Aristoteles, seni lukis adalah sesuatu yang selain baik juga menyenangkan. Deskripsi seni lukis menurut para ahli yang memiliki pemaknaan hampir sama dengan Adler dan Aristoteles antara lain T. Aquines, Johnson, Immanuel Kant, dan J. Bushnel. Deskripsi yang agak berbeda diungkapkan oleh F. Hegel. Menurut Hegel, seni lukis adalah identitas yang sempurna dan nyata. Sedangkan menurut Brade, seni lukis adalah seni yang memanfaatkan budi dan akan untuk menghasilkan karya yang membahagiakan jiwa spiritual manusia.

Pemahaman seni menurut Brade pada dasarnya serupa dengan pengertian seni menurut Adler dan ahli lain yang berpendapat bahwa seni akan memberikan kesenangan. Namun demikian, Brade memberikan penekanan pada jiwa spiritual yang tidak diungkit pada pengertian seni menurut Adler. Deskripsi Brade mengenai seni lukis ini tentu sangat benar apalagi bila kita memahami seni lukis dalam konteks budaya masa lalu yang penuh dengan hal-hal spiritual. Berbagai media yang digunakan untuk mengekspresikan hal ini adalah seni patung dan seni lukis. Pada dasarnya, tentu seni lukis menurut para ahli dapat dimaknai berbeda-beda dan tidak terlepas dari masa dan dimana para ahli tersebut hidup.

ADD YOUR COMMENT