Raden Saleh Syarif Bustaman

Periode Perkembangan Seni Rupa Modern Indonesia

FacebookTwitterGoogle+Share

Periode Seni Rupa Modern Indonesia

Seni rupa modern Indonesia terbagi dalam beberapa periode. Seni rupa modern sendiri merupakan suatu bentuk karya seni yang menjadi perwujudan kreativitas para perupa untuk membuat karya yang baru atau yang bisa disebut sebagai karya seni rupa pembaruan. Berikut adalah periode pembagian seni rupa modern di Indonesia:

  1. Periode perintis (1826 – 1880).
Raden Saleh Syarif Bustaman

Raden Saleh Syarif Bustaman

Perkembangan seni rupa modern Indonesia tidak lepas dari periode ini yang ditandai dengan kemunculan pelukis Raden Saleh. Belajar melukis di Eropa, beliaulah yang menanamkan pondasi seni rupa modern di tanah air. Corak lukisan beliau adalah romantis dan naturalis. Salah satu lukisan beliau yang paling terkenal berjudul “Merapi”.

  1. Periode Mooi Indie

Periode ini kerap disebut sebagai periode Indonesia jelita atau Hindia molek. Pelukis yang terkenal pada periode ini antara lain Abdullah Suriosubroto, Mas Pirngadi, Wakidi, Basuki Abdullah serta beberapa pelukis asal Eropa yang datang ke Indonesia. Periode ini memiliki ciri khas yaitu pengambilan objek alam yang indah, tidak mencerminkan nilai jiwa yang merdeka, teknik melukis tidak dibarengi dengan nilai spiritual yang menonjol dan banyak menonjolkan erotisme saat melukis objek manusia.

  1. Periode Persagi (Persatuan Ahli Gambar Indonesia)

Ini adalah perkumpulan para pelukis yang berusaha menyaingi lembaga kesenian asing Kunstring. Ciri khas periode ini antara lain:

  • Mengedepankan nilai psikologis
  • Mengangkat tema perjuangan
  • Tidak terikat objek alam
  • Mengedepankan kepribadian Indonesia
  • Dilandasi semangat keberanian
  1. Periode pendudukan Jepang

Saat menjajah Indonesia, Jepang mendirikan Keimin Bunka Shidoso atau lembaga kesenian Indonesia – Jepang. Bung Karno, Bung Hatta, Ki Hajar D dan KH Mansyur kemudian mendirikan Putera di tahun 1943 yang tujuannya untuk memperhatikan perkembangan seni dan budaya Indonesia.

  1. Periode sanggar (1945 – 1950)

Pada periode ini banyak berdiri perkumpulan atau sanggar – sanggar lukis, di antaranya yang sangat terkenal adalah Seniman Indonesia Muda (SIM), Perkumpulan Pelukis Rakyat, Prabangkara, Balai Perguruan Tinggi Guru Gambar dan seni rupa di ITB.

  1. Periode modern

Ini adalah masa saat ini di mana para pelukis dengan bebas mengekspresikan ide yang mereka miliki. Periode ini dianggap sebagai salah satu periode emas seni rupa modern Indonesia karena memiliki banyak sekali pelukis yang sangat terkenal yang mampu menghasilkan karya – karya emas.

Comments
  1. Magelang Art Event: Kiblat Seni Rupa Indonesia
    Magelang Art Event: Kiblat Seni Rupa Indonesia Oleh Jajang Kawentar Magelang merebut perhatian masyarakat seni rupa Indonesia bahkan dunia, usai munculnya isu tragedi beredarnya lukisan palsu karya Sudjojono, Affandi, itu diantaranya lukisan yang diisukan dipalsukan di Oei Hong Djien (OHD) Museum pada 2012. Kabar berita itu juga cukup mengejutkan dan menjadi keprihatinan publik.
    http://kawentara.com/magelang-art-event-kiblat-seni-rupa-indonesia/

ADD YOUR COMMENT