Lukisan Karya Raden Saleh

Seni Rupa Indonesia Modern: Campuran Kreativitas dan Pembaharuan

FacebookTwitterGoogle+Share
Lukisan Karya Raden Saleh

Lukisan Karya Raden Saleh

Seni rupa Indonesia modern lahir dari hasil kreativitas yang menampilkan karya-karya baru yang berpijak dari filosofi dan gaya seni yang mulai berkembang sesuai kemajuan zaman. Karya-karya baru yang dihasilkan ini pada dasarnya adalah karya seni yang mengalami pembaharuan. Sebuah karya seni tersebut tidak hanya sebatas adat dan kebudayaan suatu daerah, tetapi juga dari aliran seni rupa lainnya. Seniman modern di Indonesia mulai bereksperimen menghasilkan ide-ide penuh inspirasi yang membawa gaya baru dan unik. Ide yang diusung ini menghadirkan fungsi yang segar, dengan harapan bisa menjaga dan melestarikan nilai estetika seni rupa Indonesia yang kini mulai terancam keberadaannya.

Mengenal Ciri-ciri Seni Rupa Indonesia Modern

Seni modern hadir di tengah-tengah masyarakat Indonesia untuk melangsungkan keberadaan seni rupa di Indonesia. Dalam perkembangannya, terdapat seni konseptual yang dilahirkan dalam wujud konsep, ide, ataupun gagasan sebagai pembahasan utama sebuah seni. Ada beberapa ciri-ciri yang muncul dari gaya seni modern ini, mulai dari desain, fungsi, dan sebagainya. Diketahui bahwa konsep dari sebuah seni rupa Indonesia modern tetap berdasarkan kepada sebuah filosofi, tetapi memiliki jangkauan tak terbatas dari segi visualisasinya. Seni modern juga lebih tampak minimalis dan rasional. Desain yang dominan mewarnai seni rupa ini yaitu bentuk geometris yang tidak terdapat unsur ornament. Seni modern lebih bersifat universal sehingga dapat dinikmati oleh siapa saja dari berbagai kalangan masyarakat.

Tentu saja dari segi fungsi, seni ini memiliki fungsi yang begitu diprioritaskan agar kehadirannya tak terhimpit oleh perkembangan zaman. Karena itu, terdapat nilai kreativitas yang tinggi dari seni modern, dimana pelakunya tetap menjujung nilai-nilai originalitas dalam berbagai penguatan konsep yang ada. Dalam modernisme ini dibawa unsur-unsur seperti eksperimen, inovasi, pembaharuan, dan orisinalitas. Keseluruhannya mengusung fungsi agar dapat menciptakan warna baru di dalam kehidupan manusia modern, memberi tempat yang lebih baik bagi para seniman, dan membawa kemudahan pada masyarakat dengan lahirnya penemuan baru yang hadir dari para seniman lewat hasil eksperimen seni. Untuk mendukung fungsi tersebut, kreativitas dan pembaharuan memang menjadi campuran yang pas untuk membentuk sebuah seni rupa Indonesia modern.

ADD YOUR COMMENT