lukisan zaman prasejarah Indonesia

Seni Rupa Indonesia Zaman Prasejarah Berkembang dari Jaman ke Jaman

FacebookTwitterGoogle+Share

lukisan zaman prasejarah IndonesiaSeperti halnya seni rupa prasejarah di belahan dunia lainnya, seni rupa Indonesia zaman prasejarah juga mengalami perkembangan dari jaman ke jaman. Jaman batu tua yang merupakan jaman tertua didominasi dengan seni lukis gua yang sederhana seperti lukisan tangan dan hewan. Jaman batu tengah mengalami perkembangan pada seni lukis gua yang lebih rumit dan juga ditemukannya patung-patung. Jaman batu muda mulai ditemukan beragam karya seni perhiasan dan juga tembikar. Jaman batu besar, berbagai bangunan batu besar seperti menhir dan punden berundak banyak ditemukan. Lalu, pada jaman logam, Indonesia terbukti mengalami masa perunggu dengan ditemukannya berbagai macam barang dan juga karya seni yang dibuat dari bahan perunggu.

Seni Rupa Indonesia Zaman Prasejarah Tertua

Indonesia dianggap sebagai negara yang terlambat perkembangan seninya karena kebudayaannya banyak dipengaruhi oleh bangsa-bangsa lain yang datang ke Indonesia termasuk bangsa Indo-Cina, pedagang-pedagang Persia, India, dan lain sebagainya. Disaat seni rupa di bangsa lain sudah begitu berkembang, Indonesia baru mengenal seni tersebut saat ada orang dari bangsa lain tersebut yang datang ke Indonesia. Bahkan, jaman pra-sejarah di Indonesia berakhir lebih lambat dari beberapa bangsa lain di dunia karena bangsa Indonesia baru mengenal tulisan setelah masuknya budaya Hindu Budha. Namun, seni rupa Indonesia zaman prasejarah ternyata tidak selambat itu. Hal ini terbukti dengan penemuan terbaru di tahun 2014 yang membuat Indonesia memiliki catatan pra-sejarah yang cukup panjang di bidang seni rupa.

Penemuan yang dimaksud adalah penemuan lukisan gua di Pulau Sulawesi. Menurut hasil penelitian, diketahui bahwa usia lukisan tersebut adalah sekitar 40.000 tahun. Usia lukisan ini hampir sama dengan usia lukisan gua tertua di Eropa yang diakui sebagai sebuah karya seni. Hal ini tentunya memberikan dampak yang cukup signifikan pada catatan pra-sejarah Indonesia. Bukan tidak mungkin ada bukti-bukti lain tentang karya seni pra-sejarah yang lebih tua daripada itu. Yang sangat penting adalah bagaimana penemuan tersebut menumbuhkan semangat bagi para arkeolog untuk mendapatkan lebih banyak bukti baru tentang seni rupa Indonesia zaman prasejarah.

No Responses

ADD YOUR COMMENT