seni rupa Islam Indonesia

Seni Rupa Islam Indonesia Menunjukkan Penyebaran Islam di Nusantara

FacebookTwitterGoogle+Share

seni rupa Islam IndonesiaSeni rupa Islam Indonesia merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari masa keemasan Islam yaitu masa disaat agama Islam menyebar dengan pesat ke berbagai penjuru dunia. Saat menyebarkan ajaran agama Islam ke suatu daerah, para pedagang Islam juga menyebarkan pengaruh budaya termasuk seni Islam ke daerah tersebut. Oleh karena itulah, peninggalan-peninggalan seni rupa Islam yang ditemukan di berbagai daerah di Indonesia bisa membantu menunjukkan waktu penyebaran Islam di Nusantara ini. Selain itu, keberadaan seni Islam bisa juga menunjukkan seberapa besar ajaran Islam telah memberikan pengaruhnya di daerah tersebut. Jika seni yang ditemukan banyak dan beragam, tentunya pengaruh Islam di daerah tersebut sangat besar.

Karya seni rupa Islam yang ditemukan di nusantara sangatlah beragam. Yang paling banyak tentunya adalah seni arsitektur yang terdapat pada bangunan-bangunan masjid dan juga istana-istana kesultanan. Selain itu, banyak juga ditemukan sentuhan Islam pada bangunan makam dan nisan. Beberapa batu nisan yang bertuliskan huruf Arab bahkan menjadi salah satu petunjuk waktu yang cukup akurat karena teruliskan angka tahun kematian jenazah pada nisan tersebut. Sebagai contoh adalah nisan seorang perempuan bernama Fatimah binti Maimun yang pada nisannya tertulis tahun kematian yang cukup tua yaitu 475 Hijriah. Jika dihitung dengan tahun Masehi, maka tahun tersebut adalah sekitar tahun 1082 M. Seni rupa Islam Indonesia yang lainnya termasuk juga karya-karya seni pahatan, lukis, ukir, dan tentunya seni kaligrafi. Karya-karya seni tersebut sebagian besar ditemukan di Sumatra dan Jawa.

Seni Rupa Islam Indonesia Perpaduan Berbagai Kebudayaan

Seperti halnya seni rupa Islam lainnya, seni Islam di Indonesia juga merupakan perpaduan berbagai macam kebudayaan. Untuk mendekatkan diri ke masyarakat, para pedagang Islam biasanya tidak melakukan kekerasan dan berusaha untuk berbaur melalui hal-hal yang disukai oleh masyarakat termasuk seni. Kesenian yang ada dipadukan dengan seni Islam sehingga ajarannya lebih mudah masuk ke dalam kehidupan masyarakat. Seperti diketahui, saat Islam pertama kali masuk ke Indonesia, kebudayaan prasejarah, Hindu, dan Budha masih sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, Seni rupa Islam Indonesia ada yang terpengaruh oleh berbagai budaya tersebut.

No Responses

ADD YOUR COMMENT