Seni Rupa Modern Muncul dengan Ide Segar Penuh Kreativitas

Seni Rupa Modern Muncul dengan Ide Segar Penuh Kreativitas

FacebookTwitterGoogle+Share

Seni Rupa Modern Muncul dengan Ide Segar Penuh Kreativitas

Dimulai sejak tahun 1860’an, seni rupa modern hadir dengan beragam ide segar penuh kreativitas dari para senimannya yang melampaui batas-batas realita. Para seniman berkreasi dengan inspirasi-inspirasi unik yang belum pernah dilakukan sebelumnya sehingga menghasilkan karya seni yang begitu berbeda. Pergerakannya lebih kepada seni abstrak yang mengijinkan para seniman untuk melukiskan ekspresi dan emosi secara bebas menurut pengertian mereka. Salah satu tanda awal kelahiran seni modern adalah lukisan Claude Monet berjudul Impression-Sunrise yang memperlihatkan kreativitas baru dalam arah pergerakan seni lukis cahaya (impresionisme). Pada tahun-tahun berikutnya, seni modern semakin berkembang dengan munculnya berbagai macam aliran seni baru termasuk kubisme, surealisme, fauvisme, ekspresionisme abstrak, dan lain-lain.Seni Rupa Modern Muncul dengan Ide Segar Penuh Kreativitas 2

Pada seni modern, kita bisa melihat hal-hal yang tidak mungkin terjadi di dunia nyata hadir dalam karya seni atau bentuk-bentuk baru dalam menggambarkan sesuatu. Berkembangnya berbagai ilmu pengetahuan juga sangat mempengaruhi intelektualitas para seniman sehingga mempengaruhi hasil karyanya. Sebagai contoh adalah lukisan wanita yang berbaring di atas awan karya Paul Cezanne yang dibuat di awal era seni modern atau bagaimana Picasso membuat bentuk-bentuk natural menjadi sesuatu yang berbeda dengan penggunaan geometri. Seni rupa modern juga hadir dalam bentuk yang lebih liar dengan garis-garis tegas, penggunaan warna yang begitu beragam, dan bentuk-bentuk ekspresif yang penuh emosi. Karena kebebasan berekpresi inilah kadang kala kita melihat suatu karya modern seperti tidak bermakna tapi sebenarnya ada makna tersembunyi dalam karya tersebut yang biasanya dipengaruhi oleh kondisi pada masa tertentu.

Akhir Masa Seni Rupa Modern

Walaupun modernitas bisa diartikan sebagai sesuatu yang baru dan hadirnya ide-ide segar tidak pernah terhenti, seni modern berakhir sejak tahun 1970an. Dengan hadirnya beragam teknologi baru yang digunakan dalam menciptakan karya seni, banyak yang mempertanyakan arti kata modern dan batasan-batasan dari seni modern. Dengan gairah yang berbeda, para seniman tidak ingin disamakan dengan aliran-aliran seni yang berkembang di jaman seni modern. Mereka pun menciptakan sebuah konsep anyar yang mereka sebut dengan postmodern atau pasca modern. Namun, walaupun masa berganti, seni rupa modern tetap memiliki tempat khusus yang tidak akan tergantikan.

No Responses

ADD YOUR COMMENT