unsur seni rupa

Unsur – Unsur Seni Rupa, Apa saja?

FacebookTwitterGoogle+Share

unsur seni rupaApa saja yang menjadi unsur – unsur seni rupa? Seni rupa adalah satu bentuk karya seni yang dibuat agar dapat dinikmati secara visual. Hasil karya seni rupa juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan sehari – hari atau yang biasa disebut sebagai karya seni rupa terapan. Untuk dapat menghasilkan suatu karya yang baik, maka dibutuhkan unsur – unsur yang menjadi pembentuknya, yakni garis, titik, bentuk dan lain sebagainya.

Unsur – Unsur Seni Rupa Yang penting

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai apa saja unsur – unsur seni rupa:

  • Titik

Ini adalah unsur yang paling dasar. Titik didefinisikan sebagai bintik yang ada pada sebuah karya seni rupa. Meski hadir dalam jumlah banyak, bintik tersebut akan tetap disebut sebagai titik. Keberadaan titik membantu merealisasikan sebuah ide dan membentuk unsur yang baru, seperti garis, bentuk dan bidang.

  • Garis

Didefinisikan sebagai goresan atau batas suatu benda, bidang, ruang, tekstur, warna dan yang lainnya. Garis hadir dalam beragam bentuk seperti garis lengkung, garis lurus, garis panjang, garis horizontal, garis beombak, garis putus – putus, garis patah – patah, garis vertikal, garis spiral dan sebagainya. Setiap macam garis akan memberi kesan yang berbeda, misalnya saja garis lurus yang memberi kesan tegas dan keras, garis lengkung memberi kesan lentur dan lembut, garis patah – patah yang berkesan kaku dan lain – lain. menurut wujudnya, garis juga dibedakan menjadi dua macam, yakni garis nyata yang merupakan hasil dari coretan atau goresan dan garis semu yang muncul karena adanya kesan balance pada suatu bidang, ruang maupun warna.

  • Bidang

Ini adalah unsur yang terbentuk dari hubungan beberapa macam garis. Bidang memiliki sifat dasar, yakni mempunyai kesan panjang dan lebar serta mengandung ukuran tertentu. Bidang sendiri dapat dibedakan menjadi beberapa macam, yakni bidang geometris, biomorfis atau organis, bersudut dan tak beraturan.

  • Bentuk

Hadir dalam dua macam, yakni bentuk plastis serta bentuk bangun geometris.

  • Ruang

Unsur ruang dalam karya seni rupa lebih bersifat semu. Oleh karenanya, ruang dapat dihadirkan melalui beberapa cara, misalnya penggunaan perspektif, peralihan warna, penggambaran bidang tertindih, pergantian tampak bidang dan sebagainya.

  • Warna

Warna menjadi salah satu unsur yang sangat penting karena akan memberikan kesan yang berbeda – beda. Dalam teori warna pigmen terdapat beberapa klasifikasi warna, yaitu warna primer, sekunder, tersier, analogus dan komplementer.

  • Tekstur

Didefinisikan sebagai sifat suatu permukaan bidang pada karya seni rupa. Tekstur dibedakan menjadi dua macam yakni tekstur nyata dan tekstur semu.

  • Gelap terang

Adalah unsur yang hadir akibat dari adanya perbedaan intensitas cahaya. Gelap terang memberikan kesempurnaan kepada unsur – unsur senir rupa yang lain yang kemudian berfungsi untuk memberi kesan tiga dimensi, memberi kesan kedalaman serta memberi perbedaan atau kontras.

ADD YOUR COMMENT